Thursday, November 15, 2018

Tips Menjaga Kesehatan Keluarga

Tips Menjaga Kesehatan Keluarga
Musuh keluarga manusia ber-macam-macam. Yang besar seperti ular dan harimau  dapat diketahui dengan segera. Musuh seperti itu  tidak mendatangkan banyak kesulitan, kecuali di-  beberapa daerah tertentu. Tetapi banyak musuh yang  malah lebih berbahaya lagi harus kita kuatirkan,  yakni musuh yang terlampau kecil untuk dilihat  tanpa pertolongan mikroskop yang kuat kapasitasnya.  Inilah musuh kita yang disebut kuman-kuman.  Kuman-kuman itu ada pada kita ke manapun kita  pergi, tidak peduli apakah kita tinggal di kota  ataupun di luar kota. Banyak kuman yang tidak  begitu berbahaya terhadap tubuh manusia, tetapi  yang lain amat berbahaya dan sering membawa maut.  Kebanyakan kuman amat kecil. Pada hakekatnya,  karena sangat kecilnya, untuk membentuk barisan  kuman yang satu inci panjangnya kita harus me-  letakkan beberapa ribu kuman berderet. Kuman  terkecil yang disebut virus, sungguh terlampau kecil  untuk dilihat dengan mikroskop yang biasa dipakai  di ruang kerja seorang dokter. Virus tersebut hanya  dapat dilihat dengan mikroskop elektron yang luar  biasa kapasitasnya. Meskipun demikian penyakit yang    disebabkannya, seperti polio dan cacar, termasuk di  antara penyakit yang paling berbahaya,     


Kuman-kuman di sekeliling Kita     

Kuman-kuman terdapat di sekelling kita, di dalam  udara yang kita hirup, dan sering di dalam air yang  kita minum. Kuman-kuman itu menyusup masuk ke  dalam makanan kita, biasanya disebabkan oleh cara  menyediakannya yang kurang baik. Koki dan orang  yang menyediakan santapan sering harus bertanggung  jawab atas pengotoran makanan serta penyebaran  penyakit yang berbahaya ke seluruh masyarakat.  Sebaiknya hanya mereka yang selalu menjaga keber  sihan dengan cermatnya diperkenankan menyediakan  makanan untuk keluarga anda.  Kebanyakan kuman-kuman dapat berkembang-biak  di tempat-tempat yang hangat dan lembab, seperti  pada lipatan kulit, tapak tangan, dan sekeliling dubur  dan sekitar alat kelamin. Penting sekali mencuci  tangan lebih sering dan mandi setiap hari. Hal ini  akan menolong melindungi kita terhadap infeksi yang  serius. Kita harus juga berusaha membersihkan gigi  dan gusi kita, menyikatnya baik-baik dua atau tiga  kali setiap hari, seperti tertera pada halaman 251.    

Cahaya Matahari dapat Membunuh Kuman Dengan Cepat  

Hampir semua kuman mati dengan segera bila  kena cahaya matahari dengan langsung. Tidak ada  yang lebih baik daripada cahaya matahari dalam  usaha untuk membebaskan manusia dari bahaya  kuman. Isteri yang bijaksana akan selalu mem-  perhatikan bahwa rumahnya diberi ventilasi yang  baik dan udara silih berganti dengan leluasa setiap  hari. Biarkanlah cahaya matahari bersinar langsung  di atas lantai dalam tiap-tiap ruangan sebanyak-  banyaknya. Kuman TBC sering terdapat pada debu  di jalan yang terbanyak disebabkan oleh ludah atau  kebiasaan jelek lainnya. Kuman ini tergolong di  antara musuh manusia yang paling berbahaya. Kuman  itu sering dibawa masuk ke dalam rumah secara  kebetulan dengan menempel pada kaki kotor. Tetapi  kuman itu amat berbahaya, terutama terhadap anak  yang merangkak-rangkak di lantai  Semua lantai harus disapu dan dibersihkan baik-  baik setiap hari. Setiap orang yang datang ke rumah  anda membawa kuman pada kaki dan pakaiannya  Tangannyapun membawa kuman yang didapat dari  apa saja yang telah dipegangnya. Setiap orang yang  sudah berjabat tangan dengan dia juga menyebarkan  kuman. Kebanyakan tidak berbahaya, tetapi ada  juga yang cukup berbahaya untuk menyebabkan  penyakit serius jika diberi kesempatan. Kebersihan  mutlak penting untuk kesehatan. Tangan, tubuh,  dan rumah yang bersih adalah dasar peradaban yang  sebenarnya.      

Binatang Juga Dapat Menyebarkan  Kuman Penyakit     

Kuman penyakit dapat masuk rumah anda dengarn  berbagai cara. Kuman itu dapat dibawa oleh kaki  dan tubuh binatang peliharaan. Tikus sering me  nyebarkan kuman-kuman berbahaya, termasuk ku  man yang menyebabkan penyakit pest, typhus  exanthematicus dan banyak lagi penyakit yang lain.  Terutama lalat, sungguh amat berbahaya, sebab lalat  itu membawa kuman-kuman pada kaki dan tubuhnya,  termasuk kuman typhus abdominalis, disentri, men  ceret, dan gangguan perut lainnya. Bahkan burung  yang berpindah dari satu bagian negeri ke bagian  yang lain mungkin membawa kuman dan virus  yang menyebabkan penyakit menular yang berbahaya Kuman sungguh merupakan suatu ancaman ter-  hadap umat manusia. Manakala ferjadi suatu keadaan  darurat, seperti gempa bumi atau bencana alam yang  lain, yang pertama-tama dipikirkan oleh dinas ke-  sehatan rakyat ialah persediaan air minum yang  sehat serta pembuangan air kotor dan sampah  sampah. Hal ini wajib dilakukan jika masyarakat mau  tinggal sehat dan bebas dari penyakit, terutama  penyakit menular. Sama saja halnya, apakah kita  menghadapi suatu bencana alam ataupun hanya  menjalani cara hidup kita yang biasa. Kita masing  masing bertanggung jawab atas kesehatan kita sendiri.   

Pembuangan Sampah    

Pembuangan kotoran manusia dengan baik adalah  salah satu hukum kesehatan yang terutama. Di mana  saja manusia tinggal di situ terdapat lalat dan lalat  berkembang-biak pada kotoran dan sampah. Dewasa  ini banyak orang yang tinggal di luar kota cukup  beruntung mempunyai air mengalir di dalam rumah  mereka. Jamban yang dibuat dengan cara mengalirkan  kotoran sekarang sedang menggantikan jenis yang  lebih primitif. Tetapi apa yang terjadi dengan kotoran  tersebut? Hal ini betul-betul menjadi suatu persoalan,  dan sering membahayakan kesehatan masyarakat  Ada orang yang hanya menghanyutkan kotoran itu  ke anak sungai yang dekat, dengan anggapan bahwa  air yang mengalir menjadi bersih dengan sendirinya.  Hal ini hanya separuh benar. Kadang-kadang seluruh  penduduk sakit sebab minum air yang sudah di  kotorkan oleh orang yang tinggal di hulu sungai.  Tidak baik menggunakan air yang mengalir dari kota  atau kampung lain. Beberapa kuman mungkin masih  hidup setelah melalui jarak yang jauh menerusi  jeram dan air terjun. Janganlah sekali-kali mengalirkan  air kotoran ke anak sungai dekat rumahmu tanpa  menghiraukan akibatnya. Orang lain yang tinggal  jauh di hilir sungai mungkin akan menderita oleh  kelalaianmu. Jikalau merasa ragu-ragu, masaklah air  yang akan diminum. (Untuk penjelasan selanjutnya  mengenai air, lihatlah bab berikut).  Setiap keluarga yang tinggal di luar kota harus  mempunyai cara yang pantas untuk pembuangan  kotoran, seperti tanki septik (tempat pemusnahan  kotoran dengan jalan pembusukan). Metoda ini se-  benarnya ditemukan di India beberapa abad yang  lampau. Para insinyur modern telah mengadakan  banyak perbaikan, tetapi tanki septik dewasa ini      .       



EmoticonEmoticon