Sunday, November 11, 2018

Tips Menjaga Kesehatan Saat ini


Kita hidup dalam masa yang luarbiasa. Dimasa yang lampau belum pernah orang mengetahui begitu banyak tentang tubuh manusia,dan belum pernah orang mendapat banyak sekali cara yang luar biasa dalam pengobatan penyakit-pengakit seperti sekarang ini. Penemuan ilmu ke-dokteran dewasa ini hampir tidak dapat dipercayadan cara-cara pengobatan yang lebih baru dan lebihberhasil terus-menerus dikembangkan. Kita tidak lagi menghadapi banyak penyakit yangserius yang pernah menyusahkan nenek moyang kitaBerkat metoda pencegahan dan pengobatan modernhal itu umumnya sudah lalu. Sebagai contoh, padawaktu masih muda para pemcaba yang lebih tuamungkin pernah mendengar mengenai pasien-pasien yang menderita penyakit diphtheria.
Tips Menjaga Kesehatan Saat ini
Pada dewasa ini amat sedikit dokter-dokter muda melihat peristiwa seperti itu! Memang benar, kita masih menghadapi bahaya, infeksi yang serius, tetapi kita tidak lagi dalam keadaan tidak berdaya bila menghadapi beberapa penyakit menular yang hebat itu Bahaya yang terbesar dewasa ini berasal dari dusumber: yang pertama ialah radiasi atom atau nuklir yang untuk itu kita sebagai individu dapat mengatashanya sebagian atau tidak sama sekali; yang kedua ialah dari penyakit jantung dan pembuluh darahyang terjadi karena kian merosotnya kondisi tubuh manusia. Hanya oleh hidup bijaksana dapatlah masing-masing kita mengatasinya.

Maksud kami dalam tulisan ini ialah sekadar memberikan garis besar mengenailangkah-langkah sederhana yang dapat kita ambil untuk menghindarkan penyakit yang serius dan mengobatinya dengan berhasil bila penyakit itu menimpa kita.Hukum kesehatan cukup mudah untuk dipahami oleh seorang anak sekalipun. Meskipun demikian,berjuta-juta manusia sakit, dan terbanyak dari merekasakit karena kurang pengetahuan ataupun lalai mengikuti apa yang mereka tahu benar-benar. Alangkah bodohnya bagi seorang kalau tidak mengetahui apa-apa, sedangkan begitu banyak penerangan mengenaikesehatan dapat diperoleh melalui radio, televisi,surat kabar, dan buku-buku. Dewasa ini cerita yangluar biasa tentang pengobatan terbuka bagi semuaorang untuk dapat di lihat dan dipahami.

Tidak Ada Pintu Tertutup Sekarang

Pada abad yang lampau para dokter tampaknyahidup dalam suatu dunia tersendiri. Penemuan ilmiah yang terbesar pada abad kesembilan belas mempunyaikecenderungan untuk memisahkan mereka denganbahasa mereka yang aneh. Para pasien tidak pernahmengimpikan bahwa pada suatu waktu mereka akan berusaha mengerti rahasia ilmiah yang tersembunyibaik-baik itu yang umumnya tertulis dalam majalahilmiah yang tidak menarik dan hanya sedikit sekaliorang dapat memahaminya. Bukannya demikian lagi halnya sekarang ini. Zaman baru sudah menyingsing, dan para dokterpun heran melihat perkembangan penemuan ilmiah yang sedang diadakan sekarang. Kabar tentang penemuan sepertiitu menghiasi halaman muka dalam surat kabar diseluruh dunia. Fakta-fakta terbuka untuk dilihatoleh semua orang, tetapi selalu memerlukan pikiran yang terlatih untuk mengerti maknanya yang mendalam. Dengan perlahan-lahan tetapi dengan pastirahasia tubuh manusia yang pelik itu menjadi terang,sehingga melenyapkan banyak kepercayaan yang bukan-bukan yang pernah dianut dengan tekun.

Perkembangan ilmu pengetahuan begitu pesat sehingga buku kedokteran dewasa ini hampir dapatdikatakan sudah ketinggalan zaman sebelum selesaidicetak! Ini berarti, bahwa kita mesti terus-menerus memberi tempat bagi penemuan-penemuan terakhir Yang lebih mengherankan lagi ialah bahwa tidak ada dokter dewasa ini dapat mengerti sepenuhnya semuasegi ilmu kedokteran modern, biarpun ia sudah mendapat latihan yang saksama sekalipun. Ia mesti bergantung pada orang-orang lain untuk minta pen-jelasan selanjutnya, dan ia mesti bersedia menukar pandangannya supaya sejajar dengan pesatnya perkembangan dalam bidang ilmu kedokteran ini. Untukmaksud ini para spesialis suka berkumpul bersamasama di pusat yang lebih besar, supaya pengetahuan mereka yang disatu-padukan dapat dipakai untukmelayani masyarakat dengan lebih baik.Walaupun demikian, akhirnya hanya dokter keluarga yang melihat sebagian besar para pasien. Diatas pundaknya terletak tanggung jawab untuk memutuskan bagaimana mengobati penyakit seorangpasien dan bilamana harus memanggil spesialis untulk mengatasi persoalan yang sulit. Keputusan sepertiitu biasanya paling baik bila diserahkan saja padakebijaksanaan dokter keluarga. Pergi kesana kemariuntuk minta pertolongan dari berbagai-bagai dokterhanyalah membawa kekacauan serta memperlambat pengobatan yang sebenarnya.

Meskipun demikian, masih ada beberapa bidangdi mana fasilitas pengobatan yang baik sukar di peroleh. Untuk memenuhi keperluan inilah kamitelah menulis buku ini, dengan memberikan contoh-contoh dalam bahasa sederhana tentang penemuandan rekomendasi yang umumnya diterima padadewasa ini. Pengetahuan seperti itu berguna sekali dimasa perlu. Mereka yang dengan cermat mengikuti petunjuk petunjuk yang sederhana dalam buku inibukan saja dapat menghindarkan beberapa penyakityang serius, tetapi juga mengetahui bilamanakahmemerlukan pertolongan dokter sebelum terlambat.Buku ini bukannya dimaksudkan untuk mengganti dokter yang terlatih baik. Tidak seorangpun dapatberbuat demikian, kecuali orang yang paham dalamperawatan penyakit. Tetapi dalam usaha untuk mem-pelajari buku ini pasien akan mulai mengerti sendiri,dan ia akan memahami juga beberapa metoda pe-ngobatan sederhana yang terbukti sangat berhasilselama tahun-tahun praktek ilmu kedokteran yangbaik. Tetapi sekali lagi kami mesti memperingatkan bahwa tidak mungkin ada pengganti untuk dokter yang terlatih baik.

Musuh Kita Yang Paling Berbahaya

Terlalu sering kita sendirilah yang menjadi musuh kita yang. paling berbahaya. Alam amat baik kepada kita, menganugerahi kita dengan kekuatan dan ke- mampuan yang besar untuk mengalahkan hampir setiap jenis penyakit. Tetapi mengapa amat banyak orang sakit? Biasanya sebab cara hidup mereka sendiri yang kurang bijaksana. Kebiasaan ini terlalu sering melemahkan dan merusakkan tubuh kita yang luar biasa ini, dan kemudian para korban itu ber pikir mengapa mereka sakit. Musuh yang tersembunyi banyak benar di sekeliling kita. Kuman-kuman dan virus-virus yang amat kecil, terlalu kecil untuk dilihat tanpa kaca pembesar, sedang terapung-apung di udara yang kita hirup. Kuman-kuman itu bersembunyi di dalam makanan yang kita makan, di dalam air yang kita minum, dan malahan pada pakaian yang kita pakai. Bukannya semua kuman itu berbahaya. Ada juga yang berguna, tetapi yang lain amat berbahaya. Tiap-tiap benda yang kita jamah, rasa, atau pegang membawa-serta kemungkinan adanya penyakit. Ini semuanya berarti bahwa di dalam tubuh kita terus-menerus terdapat pertempuran untuk hidup melawan penjahat-penjahat yang bersembunyi dalam usaha hendak membinasakan kita.

Tips Menjaga Kesehatan Saat ini
 Untunglah kekuatan di dalam biasanya lebih  besar untuk memerangi parasit-parasit yang  bahaya itu, kalau tidak kita semuanya akan binasa  dengan segera  berdaya tahan yang luar biasa untuk melawan pe-  nyakit selalu bekerja. Malahan daya tahan itu di-  bangkitkan dengan adanya kuman-kuman dan virus-  virus, sehingga musuh yang tersembunyi itu sebenarnya memegang peranan yang berguna untuk  menolong kita agar tinggal kuat dan sehat! Tetapi  sebagian besar dari kemajuan kita bergantung pada  berapa besar kemauan kita untuk mentaati hukum- hukum kesehatan yang bijaksana itu. Berkat adanya  cara-cara pengobatan modern, berjuta-juta manusia  sekarang dapat hidup lebih lanjut dan menikmati  kehidupan yang lebih sempurna. Sekarang ini kita  kurang mengalami penyakit-penyakit berbahaya yang  pernah membawa leluhur kita ke liang lahad lebih  lekas.  Semua hal itu berarti bahwa penemuan modern di  bidang kedokteran. bukan saja memperpanjang usia  kita, tetapi juga menambah kehidupan pada tahun-  tahun usia kita!    

Pentingnya Rumah Tangga Yang Baik 

Kesehatan yang baik selamanya dimulai di rumah  tangga. Di sinilah tempatnya anak-anak dan orang-  orang muda harus dididik mengenai prinsip-prinsip  kebersihan dan cara hidup yang baik. Orang tua  yang menunaikan tugas ini dapat mencegah banyak  persoalan yang lebih serius, pada kehidupan masa  depan. Kebiasaan kesehatan yang baik hendaknya  menjadi sebagian dari tiap-tiap pendidikan pada  anak-anak sejak kecilnya. Paling penting mulai cara  hidup yang betul dari mulanya. Lebih lekas seorang  anak mengetahui dan menurut prinsip-prinsip ini,  lebih baik pula bagi semua orang yang bersangkutan  Tiap-tiap rumah tangga harus menjadi tempat bernaung bagi semua anggota keluarga untuk dapat  memperoleh kesejahteraan dan kegembiraan sejati  Ini bukannya berarti, bahwa segala sesuatu harus  terlaksana seperti yang diingini oleh seorang anak.  Bila kehidupan terlalu mudah, tidak ada dorongan  ke arah perbaikan, dan anak itu akan kekurangan pendidikan yang harus diperolehnya 

Tips Menjaga Kesehatan Saat ini

Tetapi rumah tangga sejati selalu menyediakan suasana kasih dan kesetiaan sejak masa kanak-kanak, sehingga bila anak-anak itu keluar untuk mendirikan rumah tangga mereka sendiri, mereka selalu dapat menolah ke belakang kepada lingkungan rumah tangga orang tua mereka sebagai penuntun dan hiburan pada waktu dalam kekurangan. Kenangan rumah tangga seperti itu akan menolong banyak untuk menghindarkan persoalan-persoalan yang lebih serius dimasa remaja, dan dapat menolong mencegalh kesulitan-kesulitan emosi yang biasanya terdapat pada kehidupan masa depan


Didiklah Anak-anakmu Baik-baik

Thomas Jefferson percaya bahwa semua anggota umat manusia mempunyai hak-hak dasar yang ter tentu, seperti kehidupan, kemerdekaan, dan usaha mencapai kebahagiaan. Kebenaran ini tidak dapat diragukan lagi. Ada pula yang cenderung untuk merasa bahwa hidup itu kejam dan harus berjalan kira-kira menurut hukum rimba. Kita tidak dapat menerima pendapat ini, sebab tidak ada kegembiraan atau kebahagiaan di dalamnya. Semua bina tang hutan diliputi ketakutan. 
Tips Menjaga Kesehatan Saat ini


Malahan binatang raksasapun selalu hidup dalam ketakutan dan hanya yang cerdik dapat hidup terus. Cara seperti itu bukannya cara hidup yang ideal. Suatu rumah tangga yang berbahagia tidak dapat kita dirikan di atas dasar kehidupan seperti ini. Kita percaya bahwa manusia ,,dijadikan menurut peta Allah," agar ia dapat mencerminkan kemuliaan dan kasih Khaliknya. la ditaruh di tempat tinggal yang indah di taman Firdaus, bebas dari ketegangan dan tekanan, agar di sanalah ia dapat mengembangkan kepribadian yang seimbang dan pikiran yang senada dengan Khalik. Kita percaya bahwa inilah cita-cita kita. Dan kalau semua orang tua percaya akan hal ini, kita segera akan mempunyai rumah tangga yang lebih baik, masyarakat yang lebih baik, serta suatu dunia yang lebih baik.  

Sumber :
 Petunjuk Modern Kepada Kesehatan
Clifford R. Anderson, M.D.



EmoticonEmoticon